Pengurusan Tenaga Kerja Asing

Video

Jika suatu perusahaan ingin memperkerjakan karyawan dari luar negeri, maka ada perizinan yang perlu di urus terlebih dahulu. Maka dari itu, Anda bisa menghubungi jasa pengurusan tenaga kerja asing untuk mengurus ini.

Perusahaan terkadang memerlukan tenaga kerja dari luar negeri dikarenakan kebutuhan untuk posisi jabatan ahli. Hal ini untuk bertujuan untuk menopang berjalannya kegiatan produksi dan managemen dengan lancar.

Izin Memperkerjakan Tenaga Kerja Asing

Untuk menggunakan tenaga kerja dari luar negeri haruslah mendapatkan izin dari negara yang dikeluarkan oleh Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi. Dengan izin yang tertuang pada awalnya Permenaker No. 16 Tahun 2015 tentang Tata Cara Penggunaan Tenaga Kerja Asing. Yang kemudian direvisi dengan Permenaker No. 35 Tahun 2015.

Dengan dikeluarkannya peraturan tersebut maka menghapus aturan yang mengharuskan mempekerjakan sekitar 10 orang tenaga kerja lokal setiap adanya seorang TKA. Sehingga perubahan tersebut mempermudah perusahaan untuk memperkerjakan TKA.

Selain itu, komisaris dan direksi yang berkewarganegaraan asing yang berdomisli di Indonesia apabila namanya yang tercatat dalam akta pendirian diharuskan mempunya Izin Mempekerjakan Tenaga Kerja Asing (IMTA).

Pengurusan RPTKA Online

Pada RPTKA (Rencana Pengunaan Tenaga Kerja Asing) dilakukan secara online. Tidak sembarang perusahaan bisa mempekerjakan orang luar negeri. Pemberi kerja yang boleh mempekejakan orang asing diantaranya perusahaan swasta asing, kantor perwakilan perusahaan asing, perwakilan negara asing; badan-badan internasional, kantor perwakilan dagang asing, kantor perwakilan perusahaan berita asing, serta instansi pemerintah.

Adapun prosesnya yaitu dokumen izin TKA harus di upload di situs Kemenakertrans.

Peraturan Tenaga Kerja Asing

Adapun syarat yang menentukan TKA dapat bekerja di tanah air yaitu tertuang dalam Permenaker Nomor 35 Tahun 2015.

Prosedur Pengurusan Tenaga Kerja Asing

Adapun Prosedur pengajuan izin tenaga kerja asing tahapannya ada beberapa, diantaranya dokumen dokumen. Untuk lebih jelasnya mengani alur tersebut anda bisa mengakses situs Kemenakertrans.